Rencana
Tindak Kepemimpinan (RTK)
Nama : Musniati,
S.Pd.SD, MM
Nomor :
B.31
Unit
Kerja : SD Negeri
14 Batang Gasan
Kabupaten : Padang Pariaman
Judul
RTK : Upaya Meningkatkan
Kemampuan dalam Mengimplementasikan Pembelajaran dengan baik Melalui Kegiatan IHT
Tujuan
|
Indikator Keberhasilan
|
Program
|
Skenario/Langkah-langkah
Program/Kegiatan
|
Sumber Daya
|
Metode
|
Nilai Kepemimpinan
|
1. Untuk
meningkatkan kompetensi kepribadian, sosial, dan kewirausahaan calon kepala
sekolah.
2. Untuk
meningkatkan kemampuan guru dalam mengimplementasikan
praktek pembelajaran di kelas.
.
|
1. Dapat mengimplementasikan diri dengan baik dalam menghadapi masalah
selama proses pembimbingan guru.
2. Mampu mengendalikan diri dengan baik dalam menghadapi masalah selama
proses pembimbingan guru
3. Memahami program- program inovatif untuk meningkatkan perkembangan
sekolah secara efektif dan efesien.
Guru memiliki kemampuan untuk :
- Menyiapkan
seperangkat pembelajaran dengan baik.
4. Membuat
alternatif pemecahan masalah guru yang
miliki kemampuan untuk :
- Merumuskan
cara pembuatan RPP.
- Menyusun
cara pembuatan RPP dengan langkah-langkah yang benar.
- Membuat
RPP dengan jelas dan sistematik.
|
IHT Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Praktek
pembelajaran
|
1.
Persiapan
Melakukan Perencanaan Kegiatan dengan cara:
a. Koordinasi
dengan kepala sekolah/PS SD
b. Menyusun
jadwal kegiatan
c. Menyusun
materi
kegiatan
d. Menyusun
soal
e. Menghubungi
narasumber
f. Menyusun
instrumen monitoring
g. Menyiapkan
alat dan bahan
h. Membuat
undangan
2.
Pelaksanaan
Tindakan
Pelaksanaan Tindakan/ Kegiatan:
a. Membuka
kegiatan
b. Mengadakan
prites
c. Menyampaikan
materi
d. Mempasilitasi
kegiatan
e. Mengadakan
Post Test
f. Menyampaikan
pesan-pesan kepada
siswa.
g. Membuat
kebijakan yang
berkaitan dengan
siswa
3.
Monitoring
& Evaluasi
Kegiatan monev
yaitu:
a. Menyebarkan
angket
b. Mengumpulkan
angket
c. Mengolah
menganalisis data
d. Menyusun
laporan monev
4.
Refleksi
a. Menjelaskan
kondisi awal guru
b. Meningkatkan
kopentensi kepemipinan.
c. Mengamati
hasil evaluasi terhadap pembuatan RPP khusus yang masih kurang.
d. Membuat
tindak lanjut untuk siklus kedua melakukan perubahan dan peningkatan pola
bimbingan secara lebih intensif.
e. Kesimpulan
kegiatan.
5.
Tindak Lanjut
Program
tindak lanjut diadakan bila
merasa belum memuaskan sehingga diadakan Siklus ke dua.
|
1.
Sumber
Daya Manusia
- Pengawas,
Kepala sekolah, guru senior teman sejawat.
2.
Sumber
Daya Non Manusia
- Alat :
ATK, internet, komputer, instrumen monev dan contoh RPP yang benar.
|
Metode
pengumpulan data yang digunakan meliputi :
- Prites
- Post
test
- Wawancara
- Observasi
- angket.
|
Kepemimpinan
Pembelajaran
kepribadian
Yang :
1.Menjiwai
2.Mencintai
3.Menyayangi
Kepribadian
Sepritual
1.Rendah
Hati
2.Senyum
3.Sopan
4.Berwibawa
5.Pemaaf
6.Kesabaran
7.Loyalitas
8.Kejujuran
9.Empati
10.Keberanian
Kewirausahaan
1.Tangguh 2.Pantang
3.Menyerah
4.Kerja Keras
5.JiwaSederhana
6.Rajin
7.Solidaritas
Sosial
1. Bekerja
Sama
2. Menghargai
|
Mengetahui
:
Master
Trainer
Drs.YOHANES
MANGGAR, M.Sc Nip: 195707281985031004
|
Mengetahui
:
Kepala
Sekolah/PS
ARNI MATARIA, S.Pd
NIP.
19630725 198303 2 004
|
Batang Gasan, 20
Januari 2016
Calon
Kepala Sekolah
MUSNIATI,
S.Pd.SD,MM
NIP.
19701005 200212 2 002
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar