Sabtu, 13 Februari 2016

RTK



Rencana Tindak Kepemimpinan (RTK)

Nama               : Musniati, S.Pd.SD, MM
Nomor             : B.31
Unit Kerja       : SD Negeri 14 Batang Gasan
Kabupaten       : Padang Pariaman
Judul RTK      : Upaya  Meningkatkan Kemampuan dalam Mengimplementasikan Pembelajaran dengan baik Melalui Kegiatan IHT

Tujuan
Indikator Keberhasilan
Program
Skenario/Langkah-langkah Program/Kegiatan
Sumber Daya
Metode
Nilai Kepemimpinan
1.  Untuk meningkatkan kompetensi kepribadian, sosial, dan kewirausahaan calon kepala sekolah.






2.    Untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengimplementasikan praktek pembelajaran di kelas.
.
1.    Dapat mengimplementasikan diri dengan baik dalam menghadapi masalah selama proses pembimbingan guru.
2.    Mampu mengendalikan diri dengan baik dalam menghadapi masalah selama proses pembimbingan guru
3.    Memahami program- program inovatif untuk meningkatkan perkembangan sekolah secara efektif dan efesien.

Guru memiliki kemampuan untuk :
-  Menyiapkan seperangkat pembelajaran dengan baik.

4.    Membuat alternatif pemecahan masalah  guru yang miliki kemampuan untuk :
-  Merumuskan cara pembuatan RPP.
-  Menyusun cara pembuatan RPP dengan langkah-langkah yang benar.
-  Membuat RPP dengan jelas dan sistematik.


IHT Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Praktek pembelajaran
1.    Persiapan

Melakukan Perencanaan Kegiatan dengan cara:
a.       Koordinasi dengan kepala   sekolah/PS SD
b.      Menyusun jadwal kegiatan
c.       Menyusun materi  kegiatan
d.      Menyusun soal
e.       Menghubungi narasumber
f.       Menyusun instrumen monitoring
g.      Menyiapkan alat dan bahan
h.      Membuat undangan
   
2.    Pelaksanaan Tindakan

Pelaksanaan Tindakan/ Kegiatan:
a.       Membuka kegiatan
b.      Mengadakan prites
c.       Menyampaikan materi
d.      Mempasilitasi kegiatan
e.       Mengadakan Post Test
f.       Menyampaikan pesan-pesan kepada siswa.
g.      Membuat kebijakan yang berkaitan dengan siswa

3.    Monitoring & Evaluasi

Kegiatan monev yaitu:
a.       Menyebarkan angket
b.      Mengumpulkan angket
c.       Mengolah menganalisis data
d.      Menyusun laporan monev


4.    Refleksi

a.    Menjelaskan kondisi awal guru
b.    Meningkatkan kopentensi kepemipinan.
c.    Mengamati hasil evaluasi terhadap pembuatan RPP khusus yang masih kurang.
d.   Membuat tindak lanjut untuk siklus kedua melakukan perubahan dan peningkatan pola bimbingan secara lebih intensif.
e.    Kesimpulan kegiatan.
5.    Tindak Lanjut

Program tindak lanjut diadakan bila merasa belum memuaskan  sehingga diadakan Siklus ke dua.
1.    Sumber Daya Manusia
-  Pengawas, Kepala sekolah, guru senior teman sejawat.

2.    Sumber Daya Non Manusia
-  Alat : ATK, internet, komputer, instrumen monev dan contoh RPP yang benar.
Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi :
-    Prites
-    Post test
-    Wawancara
-    Observasi
-    angket.
Kepemimpinan
Pembelajaran
kepribadian
  Yang :
1.Menjiwai
2.Mencintai
3.Menyayangi

Kepribadian
Sepritual

1.Rendah Hati
2.Senyum
3.Sopan
4.Berwibawa
5.Pemaaf
6.Kesabaran
7.Loyalitas
8.Kejujuran
9.Empati
10.Keberanian

Kewirausahaan
1.Tangguh 2.Pantang 3.Menyerah
4.Kerja Keras
5.JiwaSederhana
6.Rajin
7.Solidaritas

Sosial
1.      Bekerja
Sama
2.      Menghargai




Mengetahui :
Master Trainer




Drs.YOHANES MANGGAR, M.Sc  Nip: 195707281985031004
Mengetahui :
Kepala Sekolah/PS




ARNI MATARIA, S.Pd
NIP. 19630725 198303 2 004
Batang Gasan, 20 Januari  2016
Calon Kepala Sekolah




MUSNIATI, S.Pd.SD,MM
NIP. 19701005 200212 2 002

Tidak ada komentar:

Posting Komentar